PERANCANGAN,
PEMBUATAN DAN PENGUJIAN SISTEM POROS-ROTOR DENGAN BANTALAN LUNCUR HIDROSTATIK
Master Theses from JBPTITBPP / 2009-03-02
10:16:02
Oleh : DHIRA ADITIA WICAKSANA (NIM 23106023), Central Library Institute Technology Bandung
Dibuat : 2007, dengan 7 file
Oleh : DHIRA ADITIA WICAKSANA (NIM 23106023), Central Library Institute Technology Bandung
Dibuat : 2007, dengan 7 file
Bantalan adalah salah satu komponen utama pada mesin-mesin
rotasi. Bantalan yang biasa digunakan pada mesin-mesin rotasi terdiri dari
bantalan gelinding dan bantalan luncur. Bantalan luncur terbagi menjadi dua
bagian, yaitu bantalan luncur hidrodinamik dan bantalan luncur hidrostatik yang
masing-masing memiliki karakteristik dinamik yang berbeda. Bantalan luncur
hidrostatik atau biasa disebut external pressurize bearing memiliki ciri khas,
yaitu fluida pelumas bertekanan ditembakkan ke dalam bantalan, sehingga poros
yang ditumpu terangkat ke posisi tengah bantalan luncur.
Karena poros terangkat ke posisi tengah bantalan luncur,
maka kontak antar logam tidak terjadi, sehingga keausan bantalan akan
berkurang. Dalam penelitian ini
dilakukan perancangan, pembuatan, dan pengujian perangkat uji sistem
poros-rotor yang ditumpu oleh bantalan luncur hidrostatik. Perangkat uji ini
memiliki bantalan luncur hidrostatik dengan delapan buah recess. Dengan
perangkat uji yang baru ini diharapkan dapat diketahui pengaruh tekanan fluida
pelumas terhadap ciri getaran yang terjadi pada sistem poros-rotor yang ditumpu
oleh bantalan luncur hidrostatik.
Pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi
pengujian FRF (Fungsi Respon Frekuensi), pengujian peta spektrum (spectral
map), pengujian orbit pada beberapa tingkat kecepatan putar, dan pengujian
order track. Hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa sistem
poros-rotor dengan fluida pelumas bertekanan memiliki rasio redaman yang lebih
besar dibandingkan sistem poros-rotor tanpa fluida pelumas bertekanan
untuk lebih jelasnya bisa dilihat disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar